26 July 2012

Keyboardist Dream Theater Luncurkan Aplikasi Musik

New York City - Jordan Rudess, keyboardist band progresif rock asal Amerika, Dream Theater, tak hanya berkarya dengan musik konvensional. Rudess juga mengembangkan perangkat lunak yang berkaitan dengan musik. Kemarin (25/7), ia meluncurkan aplikasi untuk iOS, sistem operasi bagi perangkat Apple, yang menggabungkan musik, visual, dan interaksi dari pengguna dan diberi nama Tachyon.

Tachyon memungkinkan para penggunanya bermain dengan berbagai alat musik. Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menggerakkan jari pada layar sentuh dan memainkan nada sesuai yang diinginkan. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah disediakannya pilihan instrumen tradisional dengan rentang nada yang variatif, sehingga pengguna dapat menjajal kreativitasnya dalam bermusik.

Rudess menjelaskan, “Tachyon mudah digunakan dan menawarkan musik yang ekspresif dan unik. Musik dalam aplikasi ini hasil dari perpustakaan (musik) pribadi saya, termasuk suara-suara yang akrab dengan Anda, yang dapat Anda temukan pada benda-benda di rumah. Juga eksklusif karena saya gunakan dalam tur Dream Theater.”

Selain bermain musik, Rudess juga mendirikan perusahaan peranti lunak bernama Wizdom Music. Aplikasi yang dihasilkan perusahaaan tersebut tak jauh-jauh dari urusan musik, seperti Geo Synthesizer, SampleWiz, Morphwiz, dan dipasarkan melalui App Store.

Keseriusan Rudess dalam menggarap proyek-proyek ini tidak main-main, terbukti saat aplikasi yang pernah ia buat sebelumnya, MorphWiz, mendapat penghargaan “Aplikasi Musik Terbaik” pada Billboard Music App Awards 2010, “Aplikasi Musik Terbaik” pada Best Ever Awards dan aplikasi “Best iPhone/iPad/iTouch” pada Electronic Musician pada 2011.

Untuk melihat aplikasi tersebut, klik di sini.

Sumber : RollingStone.co.id

No comments:

Post a Comment